December 4, 2022

Stadion Rungrado 1st of May , yang terletak di Pyongyang, Korea Utara, adalah raksasa yang akan memukau penggemar olahraga yang paling sering bepergian sekalipun. Tersebar di 51 hektar dan dengan kapasitas tempat duduk 114.000, ini adalah stadion non-balap terbesar kedua di dunia . Lapangan utama yang berukuran 22.500 meter persegi dapat dengan mudah ditampung di tiga lapangan sepak bola ukuran penuh. Baca Juga Stadion Hong Kong Akan Dikurangi Kapasitasnya

Stadion Rungrado 1st of May di Pyongyang, Korea Utara

Nama stadion didasarkan pada dua aspek, lokasinya, terletak di Pulau Rungrado di Sungai Taedong, dan hari buruh internasional 1 Mei, hari stadion diresmikan.

Stadion digunakan untuk berbagai tujuan, yang paling umum digunakan untuk kegiatan olahraga. Pertandingan sepak bola adalah hal biasa, dan tim sepak bola nasional Korea Utara memainkan pertandingan internasionalnya di stadion ini. Beberapa acara atletik juga berlangsung di stadion setiap tahun.

Acara yang dihadiri terbesar berlangsung di stadion pada tanggal 28 dan 29 April 1995. Acara bayar per tayang yang dipromosikan sebagai “Tabrakan di Korea” adalah acara terbesar yang pernah ada dalam sejarah gulat profesional. Dua hari mencatat kehadiran 150.000 dan 190.000.

Acara yang paling populer dan sering terjadi di stadion adalah pertunjukan Arirang yang juga dikenal sebagai Mass Games. Acara tahunan ini telah diterima oleh The Guinness Book of Records sebagai yang terbesar di dunia.

Pengenalan Stadion May Day

Stadion May Day, Stadion Rungrado 1st of May, atau Stadion May Day Rungrado adalah stadion terpenting di Korea Utara.

See also  Ulasan Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Terletak di Pyongyang, ibu kota DPRK, ini adalah stadion terbesar di dunia. Sebagai stadion terbesar di dunia, stadion ini menjadi tuan rumah pertunjukan terbesar di dunia, pertunjukan Mass Games yang melibatkan lebih dari 100.000 pemain. Dan ini telah dikonfirmasi oleh Guinness Book of World Records!

Stadion May Day pertama kali dibuka pada tanggal 1 Mei 1989. Terletak di Pulau Rungrado di Sungai Taedonggang. Stadion ini menerima namanya sebagai “Stadion Rungrado 1st of May” karena berada di pulau tersebut. Tanggal 1 Mei adalah hari penting bagi warga Korea Utara karena merupakan tanggal Hari Buruh Internasional . Ini juga merupakan perayaan besar di seluruh persaudaraan sosialis.

Kapasitas tempat duduk stadion adalah sekitar 150.000. Beberapa sumber telah menyatakan 114.000, terlepas itu adalah yang terbesar di dunia. Stadion Rungrado May Day secara struktural menempati area seluas 20,7 hektar (51 hektar).

Sejarah Stadion May Day

Setelah Seoul dianugerahi Olimpiade Musim Panas 1988 , DPRK diberikan hak untuk menjadi tuan rumah  Festival Pemuda dan Pelajar Dunia ke- 13 . Sampai saat ini acara internasional terbesar diadakan di DPRK, dengan perkiraan 20.000 tamu asing.

Stadion Rungrado First of May, serta  Hotel Ryugyong yang terkenal , dibangun sebagai bagian dari acara ini. Pyongyang menjalani proyek konstruksi terbesar yang pernah dilihat negara itu dengan proyek-proyek lain seperti Hotel Sosan , Hotel Pemuda Chongnyon dan Jalan Pembebasan sedang diselesaikan.

Acara “besar” pertama diadakan di sini pada tahun 1995, dengan acara gulat “ Tabrakan di Korea ”. Pada saat itu, ini adalah acara gulat bayar per tayang terbesar yang diselenggarakan bersama oleh Japan Pro-Wrestling, dan World Championship Wrestling (yang kemudian digabung menjadi WWE). Tidak ada prestasi yang berarti!

See also  Sejarah Stadion Gelora Bung Karno

Tentu saja, acara paling terkenal yang terjadi di Stadion May Day adalah Mass Games. Festival Arirang yang terkenal diadakan di sini antara tahun 2002 – 2013. Pada tahun 2007 Arirang Mass Games berhasil masuk ke Guinness Book of World Records ketika 100.090 peserta ambil bagian dalam acara tersebut.

Setelah Arirang Mass Games berakhir, stadion menjalani renovasi selama 2 tahun, dibuka kembali pada tahun 2015. Pada bulan April 2016, Stadion Rungrado May Day menjadi tuan rumah Pyongyang Marathon, juga dikenal sebagai Mangyongdae Prize International Marathon. Stadion Kim Il Sung yang menjadi tuan rumah acara maraton setiap tahun sedang direnovasi. Ini membuat maraton khusus itu sangat istimewa!

Pada tahun 2017 Stadion Rungrado May Day menjadi tuan rumah enam pertandingan penyisihan grup sebagai bagian dari kualifikasi Kejuaraan AFC U-23 2018.

Pada tahun 2018 Mass Games kembali dengan Tanah Air yang Mulia, dan bertepatan dengan KTT Antar-Korea yang mengakibatkan Presiden Moon Jae-In memberikan pidato yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada 150.000 warga DPRK.

Pada tahun 2019 Mass Games kembali lagi dengan nama “Negeri Rakyat” dan dipertunjukkan dari bulan Juni hingga Oktober, salah satu pertunjukan yang lebih lama dari pertunjukan Mass Games.

Desain Stadion Rungrado 1 Mei

Struktur stadion memiliki 16 lengkungan yang diatur dalam cincin membentuk desain Magnolia, bunga nasional DPRK, atau parasut. Ketinggian atap mencapai 60 meter dari permukaan tanah.

Ada delapan tingkat secara total dengan total luas lantai lebih dari 207.000 m² (2,2 juta kaki²) di seluruh kompleks. Stadion ini mencakup lebih dari 1.300 kamar, termasuk ruang ganti tim, ruang pelatihan, kantor, dll.

See also  15 Stadion Terbesar di Indonesia

Stadion ini memiliki 80 pintu masuk dan pihak Korea Utara mengatakan ada kemungkinan 150.000 orang memenuhi stadion sepenuhnya dalam waktu 15 menit. Setidaknya satu pintu masuk digunakan khusus untuk pejabat VIP, termasuk pemimpin tertinggi Korea Utara dan tamu asing khusus.

Kapan Stadion May Day Rungrado digunakan?

Sebagian besar pertandingan sepak bola diadakan di Stadion Kim Il Sung, tetapi beberapa telah diketahui diadakan di Stadion May Day, serta acara atletik yang aneh. Berkenaan dengan sepak bola di Korea Utara, itu tergantung pada seberapa penting pertandingan itu. Jika Anda berkesempatan melihat sepak bola di Stadion 1 Mei, jangan lewatkan. Tidak ada stadion di Pyongyang yang bahkan bisa mendekati dalam hal suasana.

Apalah arti sebuah nama?

Anda akan mendengar stadion yang disebut dengan beberapa nama, yaitu Stadion May Day, Stadion Rungrado 1st of May, atau Stadion Rungrado May Day. Nama resmi arena tersebut adalah The Rungrado 1st of May Stadium . May Day adalah hari pekerja Internasional, masih menjadi perayaan besar di banyak negara sosialis saat ini dan sebelumnya. Bahasa sehari-hari itu hanya disebut sebagai Stadion May Day. 1 Mei dan May Day pada dasarnya adalah hal yang sama. Jadi, ketika Anda melihat istilah yang digunakan secara bergantian, itulah sebabnya.

Bagaimana cara mengunjungi Stadion Rungrado 1st of May?

Ada beberapa cara untuk mengunjungi Stadion Rungrado May Day. Salah satu cara terbaik adalah bergabung dengan tur kami untuk menyaksikan Pertandingan Massal , atau Anda dapat bergabung dengan kami dalam tur sepak bola , atau kami dapat mengatur tur Anda di Stadion May Day untuk melihat lebih dalam di ruang ganti, fasilitas kereta api, kantor, ruang komunikasi dan ruang tanya jawab.