October 4, 2022

Stadion Hong Kong adalah tempat olahraga utama Hong Kong . Dibangun kembali dari Stadion Pemerintah lama , dibuka kembali sebagai Stadion Hong Kong pada Maret 1994. Stadion ini memiliki kapasitas tempat duduk maksimum 40.000, termasuk 18.260 di tingkat utama, 3.173 di tingkat eksekutif, 18.510 kursi tingkat atas, dan 57 kursi untuk pengguna kursi roda. Baca Juga Stadion Perth Adalah Yang Termahal Dalam Sejarah Australia

Stadion Hong Kong Akan Dikurangi Kapasitasnya

Stadion ini terletak di Causeway Bay , Pulau Hong Kong , di lembah Caroline Hill. Sebagian besar pertandingan sepak bola internasional yang diadakan di Hong Kong diadakan di stadion ini. Ini juga merupakan lokasi turnamen rugby sevens Hong Kong Sevens. Stadion Hong Kong juga menjadi tuan rumah Rugby World Cup Sevens dua kali, pada tahun 1997 dan 2005.

Kapasitas tempat duduk stadion di Causeway Bay akan diturunkan dari 40.000 menjadi 9.000 dan trek atletik akan dibangun di sekitar lapangan. Namun  komisioner olahraga Yeung Tak-keung  mengatakan  Stadion Hong Kong  akan tetap memiliki peran bahkan setelah peristiwa besar seperti Rugby Sevens pindah ke Kai Tak.

Yeung mengatakan kepada RTHK  bahwa stadion yang diubah akan mengadakan acara yang lebih kecil seperti pertemuan atletik antar sekolah, serta pertandingan sepak bola lokal dan regional. Dia berkata:

Kami menganggap pada 2023, 2024, di Hong Kong kami tidak membutuhkan dua stadion besar dengan kapasitas yang sama. Kami dapat mengadakan acara tingkat atas di Kai Tak dan tingkat acara lainnya di Stadion Hong Kong serta di Tseung Kwan O, stadion Mong Kok dan lain-lain, jadi akan ada pembagian kerja yang jelas di antara fasilitas yang berbeda.

Pihak berwenang Hong Kong telah mengungkapkan rencana untuk mengurangi Stadion Hong Kong dari kapasitas 40.000 menjadi 9.000 setelah Taman Olahraga Kai Tak diserahkan pada tahun 2023. Stadion Hong Kong telah berfungsi sebagai wilayah administrasi khusus tempat olahraga utama China sejak dibangun kembali dari Stadion Pemerintah lama pada tahun 1994. Namun, segera akan kehilangan status ini ke Taman Olahraga Kai Tak dan Hong Kong berencana untuk jangka panjang. -jangka masa depan.

See also  15 Stadion Sepak Bola Terbesar Dan Megah

Sebuah laporan Departemen Layanan Kenyamanan dan Budaya yang diserahkan ke Dewan Distrik Wan Chai minggu ini menyatakan bahwa pengurangan kapasitas dari 40.000 menjadi 9.000, daripada 18.000, akan lebih disukai karena alasan polusi suara. Studi kelayakan teknis untuk pembangunan kembali Stadion Hong Kong akan dilakukan pada tahun mendatang, dengan pekerjaan akan dimulai setelah Sports Park dibuka. Stadion Hong Kong dengan tampilan baru akan menjadi tempat yang lebih intim untuk acara skala kecil, sementara itu juga akan ditambahkan trek atletik.

Komisaris Olahraga Yeung Tak-keung mengatakan kepada penyiar lokal RTHK : “Kami menganggap bahwa pada tahun 2023, 2024, di Hong Kong kami tidak membutuhkan dua stadion besar dengan kapasitas yang sama. “Kami dapat mengadakan acara tingkat atas di Kai Tak dan tingkat acara lainnya di Stadion Hong Kong serta di Tseung Kwan O, stadion Mong Kok dll, jadi akan ada pembagian kerja yang jelas di antara fasilitas yang berbeda.”

Yeung mengatakan Stadion Hong Kong yang dibangun kembali akan membantu pengembangan olahraga lokal dengan memungkinkan acara-acara dari tingkat yang berbeda berlangsung.

Dia menambahkan: “Misalnya, saat ini beberapa klub sepak bola atau Asosiasi Sepak Bola ingin memainkan beberapa pertandingan sepak bola di Stadion Hong Kong, tetapi mereka pikir mereka mungkin tidak menarik lebih dari 10.000 penonton atau mereka akan menganggap bahwa kuitansi gerbang mungkin tidak tersedia. mampu menutupi biaya.

“Fasilitas saat ini di Stadion Hong Kong tidak memenuhi standar saat ini untuk menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola internasional.” Tim di belakang Kai Tak Sports Park, sebuah kawasan olahraga dan hiburan yang luas dengan stadion berkapasitas 50.000 tempat duduk, merilis rendering proyek yang diperbarui pada Desember 2020. Sports Park telah dirancang oleh Populous dan akan dioperasikan oleh ASM Global.

See also  Stadion Perth Adalah Yang Termahal Dalam Sejarah Australia

‘Stadion Hong Kong tidak akan menjadi kekuatan yang dihabiskan’

Komisaris Olahraga Hong Kong Yeung Tak Keung mengatakan bahwa Stadion Hong Kong akan tetap memiliki peran untuk dimainkan bahkan setelah peristiwa besar seperti Rugby sevens pindah ke Taman Olahraga Kai Tak di masa depan .

‘ RTHK’ menyatakan bahwa Pemerintah mengungkapkan dalam sebuah makalah kepada Dewan Distrik Wan Chai (Hong Kong) bahwa mereka akan memangkas kapasitas tempat duduk stadion di Causeway Bay dari 40.000 menjadi 9.000, sambil menambahkan trek atletik di sekitar lapangan.

Stadion Hong Kong adalah tempat olahraga utama Hong Kong. Dibangun kembali dari Stadion Pemerintah lama, itu dibuka kembali sebagai Stadion Hong Kong pada Maret 1994. Kapasitas maksimumnya 40.000, dengan tingkat utama 18.260 kursi, tingkat eksekutif 3.173 kursi, tingkat atas 18.510 kursi dan kursi roda dengan 57 kursi.

Taman Olahraga Kai Tak berkapasitas 50.000 orang akan menempati lahan seluas 28 hektar. Ini akan menjadi bagian terbesar dari infrastruktur olahraga di Hong Kong, menyediakan fasilitas modern dan serbaguna untuk olahraga dan rekreasi dengan tujuan untuk meningkatkan budaya olahraga di Hong Kong. ‘Pearl of the Orient’ telah diadopsi untuk tema desain fasad stadion utama taman olahraga.

Atap stadion utama yang dapat dibuka dan desain yang fleksibel akan memungkinkan penyelenggaraan berbagai acara dengan skala berbeda, termasuk pertandingan sepak bola dan rugby internasional, konser, dan acara komunitas besar. Taman Olahraga Kai Tak dijadwalkan selesai pada paruh kedua tahun 2023.

‘ RTHK’ mengutip pernyataan Keung pada tanggal 9 November bahwa stadion yang diubah akan mengadakan acara yang lebih kecil seperti pertemuan atletik antar sekolah, serta pertandingan sepak bola lokal dan regional. Acara besar, seperti Rugby Seven dan pertandingan sepak bola internasional, akan dipindahkan ke Taman Olahraga Kai Tak setelah selesai pada tahun 2023, tambahnya.

See also  Ulasan Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Rugby sevens adalah varian dari rugby union di mana tim terdiri dari tujuh pemain yang bermain selama tujuh menit, bukannya 15 pemain biasa yang bermain selama 40 menit. Rugby sevens dikelola oleh World Rugby , badan yang bertanggung jawab atas persatuan rugby di seluruh dunia.

Ditambahkan Keung, “Kami menganggap pada 2023 atau paling lambat 2024, di Hong Kong kami tidak membutuhkan dua stadion besar dengan kapasitas yang sama. Kami dapat mengadakan acara tingkat atas di Kai Tak dan tingkat acara lainnya di Stadion Hong Kong serta di Lapangan Olahraga Tseung Kwan O berkapasitas 3.500 di Tseung Kwan O di Hong Kong, dan Stadion Mong Kok berkapasitas 6.664 di Mong Kok, Hong Kong, jadi akan ada pembagian kerja yang jelas di antara fasilitas yang berbeda.”

Keung mengatakan bahwa Stadion Hong Kong akan membantu pengembangan olahraga lokal dengan memungkinkan diadakannya acara dengan skala yang berbeda – “Misalnya, saat ini beberapa klub sepak bola atau Asosiasi Sepak Bola ingin memainkan beberapa pertandingan sepak bola di Stadion Hong Kong , tetapi mereka berpikir mereka mungkin tidak menarik lebih dari 10.000 penonton atau mereka merasa bahwa kuitansi gerbang mungkin tidak dapat menutupi biayanya.”

Lebih lanjut dia menginformasikan bahwa biaya sewa stadion akan turun setelah perombakan.

Pemerintah juga menyarankan penambahan fasilitas lain di stadion, termasuk ruang media, fasilitas ganti dan lebih banyak tempat parkir. Keung melanjutkan, “Fasilitas saat ini di Stadion Hong Kong tidak memenuhi standar saat ini untuk menyelenggarakan pertandingan sepak bola internasional.”

Dia mengatakan studi kelayakan teknis tentang rencana tersebut akan dilakukan di tahun mendatang dan Pemerintah berharap untuk mulai membangun kembali stadion setelah Taman Olahraga Kai Tak mulai beroperasi.