October 4, 2022

Stadion baru yang diberi nama Stadion Internasional Banten ini merupakan terobosan pembangunan stadion untuk mendukung Piala Dunia U20 tahun depan. Baca Juga Sejarah Stadion Gelora Bung Karno

Review Stadion Internasional Banten, Termegah

Tidak hanya ibu kota Banten yang merupakan provinsi tersendiri, juga melakukan inovasi dengan membuat stadion bertaraf internasional yang sudah mulai dibangun dan mulai dimainkan sekitar 70% di kawasan sport center, kecamatan Kurug, Serang. Kota, Banten, berkembang lebih jauh selama beberapa tahun ke depan.

Stadion dengan fitur trek atletik mulai ditingkatkan untuk mencapai penyelesaian melalui konstruksi yang didanai publik, yang kemudian akan ditempatkan di bawah atap tertutup seperti stadion biasa di Eropa.

Alasan menggunakan nama Stadion Internasional Banten

Demikian dilansir Gubernur Banten yang mengungkapkan bahwa nama Stadion Internasional Banten tidak sembarangan karena nama-nama yang diajukan beberapa pihak belum sesuai. Namun nama Stadion Internasional Banten dinilai lebih menarik dan mudah dikenali, tidak hanya nama ini juga dimaksudkan agar stadion ini semakin populer tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di dunia.

Perkembangan

Stadion ini dibangun di Kabupaten Serang, Provinsi Banten dengan biaya miliaran rupiah. Sepenuhnya dipasok oleh APBD Provinsi Banten. Stadion ini dibangun seluruhnya dengan anggaran sekitar Rp 900 miliar yang sebagian besar berasal dari APBD provinsi dan sponsor.

See also  Ulasan Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Stadion ini diharapkan selesai dan diresmikan pada Maret 2022 oleh Gubernur Banten. Jika dilihat dari desainnya, stadion ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan desain stadion Bung Karno di Jakarta yang terlihat dari lintasan olahraganya dan juga round standnya seperti pada stadion-stadion biasa di Indonesia, namun kapasitasnya bisa lebih karena Awalnya memang direncanakan menjadi pusat olahraga di Banten, dan nama stadion ini menjadi Stadion Internasional Banten, yang tujuannya tidak lain untuk menjadi lebih mendunia dan dikenal masyarakat internasional.

Ronaldo akan mencoba

Bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo, diperkirakan akan berada di lapangan di Stadion Banten yang baru setelah pembukaan resminya. Gubernur Banten berencana mengundang bintang-bintang dunia seperti Cristiano Ronaldo dengan penuh semangat, yang nantinya bisa mempromosikan stadion tersebut agar lebih dikenal dunia internasional.

Mungkin bukan hanya Ronaldo saja yang akan merasakan sensasi di stadion indah ini, setelah itu akan diadakan pertandingan besar di stadion ini agar lebih terkenal, dan nantinya bisa di jadikan untuk pertandingan atau event besar di Provinsi Banten.

Kapasitas 38.000 penonton

Nantinya, stadion ini akan berkapasitas 38.000 penonton dengan rumput utama jenis zoysia metrella yang terbuat dari rumput khas Italia dengan kualitas yang sangat baik dan sesuai dengan standar internasional atau FIFA. Nantinya tribun penonton akan terlihat lebih bebas dan luas. Terlihat dari tampilan aslinya, meski belum rampung seratus persen, namun konstruksi fisik stadion sudah bisa dilihat dari dalam.

See also  Stadion Perth Adalah Yang Termahal Dalam Sejarah Australia

Kebanggaan Banten

Stadion ini terletak di Serang dengan luas 60 hektar dan sesuai standar FIFA. Stadion ini nantinya akan menjadi aset berharga di Provinsi Banten dengan berbagai fasilitas olahraga seperti softball dan olahraga lainnya direncanakan akan dibangun di stadion ini sebagai pusat olahraga sejak awal khususnya di Provinsi Banten.

Fakta Menarik Kemegahan Stadion Internasional Banten

  1. Anggaran pembangunan hampir 1 triliun.

Biaya pembangunan Stadion Internasional Banten hampir mencapai Rp 1 triliun atau Rp 874 miliar. Konstruksi akan berjalan lancar dan selesai lebih cepat, dan akan dapat digunakan pada Maret 2021.

“Saya berharap pada Maret 2022 sudah mencapai 100%,” kata Vahidin Halim kepada wartawan, Kamis, 30 Desember 2021. “Kita punya target dan bisa mulai Maret 2022,” kata Presiden dan Komisaris PT PP (Persero) Andi Ghani Nena Weah.

  1. Lokasi stadion

Terletak di wilayah Gelanggang Olahraga di Kecamatan Kurug Kota Serang dengan luas tanah 60 hektar.

See also  Mengulas Tentang Game Stadion Serbaguna Yang Ada Di Banjarmasin

Stadion Internasional Banten memiliki luas 78.116 meter persegi. Bangunan ini terdiri dari lima (5) lantai dan dapat menampung hingga 38.000 penonton. Stadion ini akan dilengkapi dengan fasilitas olahraga lainnya sebagai fasilitas pendukung. Salah satunya adalah lintasan atletik dengan lima lintasan lari.

  1. Pilih nama

Delapan nama sudah diusulkan sebelum resmi diberi nama Stadion Internasional Banten.

Kedelapan nama tersebut antara lain Stadion Gelora Jawar, Stadion Gelora Banten Jawar, Stadion Maulana Hasanuddin, Stadion Sultang Ageng Tirtaya, dan Stadion WH Andika. Bahkan pemilihan nama pun dilakukan setelah sebuah survei. Namun, akhirnya nama Banten International (BIS) dipilih karena lebih familiar atau tidak familiar.

  1. Rumput khusus didatangkan dari Italia.

Rumor yang beredar, selain gedungnya yang megah, Stadion Internasional Banten menggunakan jenis rumput khusus bernama Zoysia Matrella. Ini adalah salah satu jenis rumput lapangan sepak bola berstandar FIFA yang didatangkan dari Italia.

  1. Diminati oleh dua tim Ligue 1

Dikabarkan sudah ada dua tim Ligue 1 yang tertarik menggunakan Stadion Internasional Banten sebagai markas atau markas laga tandang.

Kita berbicara tentang dua klub – RANS Cilegon FC dan Dewa United, yang baru saja pindah dari Ligue 2 ke Ligue 1.