August 16, 2022

Stadion serba guna adalah jenis stadion yang dirancang agar mudah digunakan oleh berbagai jenis acara. Sementara stadion mana pun berpotensi menjadi tuan rumah lebih dari satu jenis olahraga atau acara, konsep ini biasanya mengacu pada filosofi desain khusus yang menekankan multifungsi daripada kekhususan.

Mengulas Tentang Game Stadion Serbaguna Yang Ada Di Banjarmasin

Ini paling sering digunakan di Kanada dan Amerika Serikat, di mana dua olahraga tim luar ruang paling populer – sepak bola Amerika dan bisbol membutuhkan fasilitas yang sangat berbeda. Sepak bola menggunakan lapangan persegi panjang (lapangan sepak bola Kanada lebih besar dari Amerika ), sedangkan bisbol dimainkan di atas berliandan lapangan besar. Ini membutuhkan desain khusus untuk mengakomodasi keduanya, biasanya oval, sementara beberapa desain kemudian menggunakan oktorad . Sementara membangun stadion dengan cara ini berarti bahwa tim olahraga dan pemerintah dapat berbagi biaya, hal itu juga menimbulkan beberapa tantangan. Baca Juga Stadion Patriot Yang Ada Di Bekasi

Di Amerika Utara, stadion serbaguna dibangun terutama selama tahun 1960-an dan 1970-an sebagai stadion kandang bersama untuk Major League Baseball dan tim National Football League atau Canadian Football League . Beberapa stadion direnovasi untuk memungkinkan konfigurasi multiguna selama tahun 1980-an. Jenis stadion ini dikaitkan dengan era suburbanisasi , di mana banyak tim olahraga mengikuti penggemar mereka keluar dari kota-kota besar ke daerah-daerah dengan tanah yang lebih murah dan berlimpah.

Mereka biasanya dibangun di dekat jalan raya dan memiliki tempat parkir yang luas , tetapi jarang terhubung dengan angkutan umum. Karena stadion multiguna jarang ideal untuk kedua olahraga yang biasanya bertempat di dalamnya, mereka tidak lagi disukai pada tahun 1990-an, dengan SkyDome yang dibuka pada tahun 1989 menjadi stadion terakhir yang diselesaikan untuk mengakomodasi bisbol dan sepak bola. Dengan selesainya Kompleks Olahraga Truman di Kansas City pada tahun 1973, sebuah model untuk stadion yang dibangun khusus ditetapkan.

Sejak Oriole Park di Camden Yards dibuka pada tahun 1992, sebagian besar stadion olahraga liga utama telah dibangun khusus untuk satu olahraga. Namun, dari akhir 2000-an dan seterusnya, beberapa stadion khusus sepak bola yang berkubah atau terbuka ( Texas Stadium , RCA Dome , Georgia Dome , danStadion Bank of America ) telah atau mungkin akan digantikan oleh stadion serbaguna dengan atap yang dapat dibuka ( Stadion Cowboys , Stadion Lucas Oil , dan Stadion Mercedes-Benz ) dan bahkan lapangan rumput alami (Stadion State Farm) di mana Sepak bola NFL tetap menjadi penyewa utama tetapi juga dapat mengakomodasi acara lain sepanjang tahun (sepak bola, konser, konvensi besar, dan bola basket NCAA Final Four ), meskipun bukan baseball karena menuntut dimensi lapangan yang sangat berbeda.

See also  Review Stadion Internasional Banten, Termegah

Di luar Amerika Utara, istilah ini jarang digunakan, karena sepak bola asosiasi adalah satu-satunya olahraga tim luar ruang utama di banyak negara; di banyak negara, asosiasi sepak bola dan rugby dapat dengan mudah hidup berdampingan. Di Australia, banyak lapangan olahraga yang cocok untuk sepak bola dan kriket peraturan Australia , karena peraturan Australia dimainkan di oval kriket.

Dalam beberapa kasus seperti Stadion Australia di Sydney, Stadion Docklands di Melbourne dan Stadion Nasional, Singapura, stadion dirancang untuk diubah antara konfigurasi oval untuk kriket dan peraturan sepak bola Australia dan konfigurasi persegi panjang untuk rugby dan sepak bola asosiasi dan dalam kasus Stadion Nasional Singapura, konfigurasi atletik juga. Stadion sepak bola asosiasi secara historis juga berfungsi sebagai arena lintasan dan lapangan, dan beberapa (seperti Olympiastadion di Berlin) masih melakukannya, sedangkan generasi yang lebih baru sering kali tidak memiliki lintasan lari untuk memungkinkan para penggemar lebih dekat ke lapangan.

Di antara olahraga musim dingin , terutama arena seluncur es bisa menjadi stadion serbaguna. Sangat sering satu atau dua gelanggang es berukuran kira-kira 61 × 30 meter – ukuran peraturan gelanggang hoki es IIHF – ditempatkan di dalam oval. Kadang-kadang permukaan es bahkan lebih besar, memungkinkan juga untuk bengkok dan melengkung.

Tata letak bidang

Sebagian besar stadion serbaguna yang ada di Amerika Utara melapisi satu sisi lapangan sepak bola di sepanjang salah satu garis pelanggaran bisbol , dengan salah satu sudut lapangan sepak bola terletak di tempat home plate berada. Karena panjang regulasi lapangan sepak bola Amerika adalah 360 kaki, lebih panjang dari rata-rata sekitar 330 kaki untuk garis pelanggaran di Major League Baseball, ini membutuhkan jarak yang sangat jauh dari home plate ke pagar di sepanjang garis pelanggaran tempat sepak bola lapangan dibangun, bagian dari lapangan sepak bola yang akan dibangun di wilayah busuk (dan ukuran wilayah tersebut akan ditingkatkan sesuai), atau tembok sementara.

See also  Ulasan Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Oakland Coliseum menggunakan konfigurasi sedemikian rupa sehingga garis samping sepak bolanya berjalan di sepanjang garis yang ditarik dari base pertamake base ketiga (bekas Stadion Atlanta–Fulton County juga menggunakan konfigurasi ini). Hal ini dilakukan mungkin untuk membuat kursi yang sama di belakang home plate di pertandingan bisbol juga didambakan kursi garis 50 yard di pertandingan sepak bola, dan juga stadion hanya membutuhkan satu kotak pers . Stadion yang berbeda memiliki sudut yang berbeda antara kursi kiri dan kanan lapangan.

Di stadion yang sebagian besar merupakan stadion sepak bola yang diubah menjadi stadion bisbol, tribunnya hampir tegak lurus. Hal ini memungkinkan lapangan sepak bola untuk ditempatkan di dalam bangku, tetapi meninggalkan konfigurasi bisbol dengan banyak pemandangan yang tidak diinginkan lebih jauh dari home plate atau menghadap jauh dari berlian, seperti di Kingdome, Metrodome Hubert H. Humphrey, dan venue sekarang dikenal sebagai Stadion Hard Rock .

stadion seperti Los Angeles Memorial Coliseum

Untuk stadion seperti Los Angeles Memorial Coliseum , di mana Los Angeles Dodgers memainkan pertandingan kandang mereka dari tahun 1958 hingga 1961 sambil menunggu penyelesaian Stadion Dodger , ini juga memiliki efek yang tidak diinginkan berupa garis pelanggaran pendek yang luar biasa, sehingga lebih mudah untuk memukul bola. disebut ” home run Cina”. Stadion bisbol yang diubah menjadi stadion sepak bola memiliki lebih banyak sudut tumpul di antara tribun. Hal ini membuat tampilan sepak bola lebih jauh, dan dalam beberapa kasus sebagian dikaburkan seperti di Candlestick Park.

See also  Sejarah Stadion Gelora Bung Karno

Dalam kasus Stadion Qualcomm, stadion ini dibangun dengan setengah dari tempat duduk tingkat lapangan permanen (dibangun dari beton, di kuadran selatan stadion), dan setengah lainnya portabel (konstruksi modular menggunakan rangka aluminium atau baja). Ketika stadion dikonfigurasikan untuk bisbol, bagian portabel akan ditempatkan di kuadran barat stadion dan berfungsi sebagai paruh ketiga dari lapangan tengah.

Dalam konfigurasi sepak bola, ini ditempatkan di kuadran utara stadion (meliputi apa yang digunakan sebagai lapangan kiri dalam konfigurasi bisbol) untuk memungkinkan lapangan sepak bola ditata timur-barat. Ini memiliki keuntungan meningkatkan garis pandang untuk kedua olahraga sambil menjaga dimensi bisbol kira-kira simetris. Lingkaran persegi Qualcomm Stadium ” oktorad” Tata letak dianggap sebagai peningkatan dari stadion pemotong kue lainnya pada waktu itu, dan itu adalah yang terakhir dari stadion serbaguna lama yang menjadi tuan rumah Super Bowl ( Super Bowl XXXVII ).

Stadion serba guna yang lebih modern telah menggunakan metode yang lebih rumit untuk mengakomodasi berbagai olahraga; Stadion Tottenham Hotspur , misalnya, menggunakan dua set rumput, satu permukaan rumput alami yang dapat dipindahkan untuk sepak bola, dan yang lainnya permukaan rumput sintetis untuk lapangan hijau. Untuk mengakomodasi garis pandang berbeda yang disukai di setiap olahraga, permukaan sepak bola diposisikan beberapa kaki di atas lapangan hijau, sehingga kursi lebih dekat ke lapangan dalam konfigurasi sepak bolanya dan ditinggikan di atas pinggir lapangan dan pelatih dalam konfigurasi lapangan hijaunya.

Pada tahun 2010-an, beberapa stadion khusus sepak bola (baik kubah tertutup seperti Georgia Dome atau Stadion Bank of America terbuka ) telah atau mungkin digantikan oleh stadion serbaguna dengan atap yang dapat dibuka (seperti Stadion Mercedes-Benz ) tempat sepak bola NFL tetap menjadi penyewa utama tetapi yang juga dapat mengakomodasi sepak bola, konser, konvensi besar, dan bola basket Final Four NCAA, meskipun bukan baseball karena menuntut dimensi lapangan yang sangat berbeda.